Wednesday, December 12, 2012

Heboh: Gangnam Style, Tarian Kuda yang Mendunia


Unikei - Di acara musik, siaran berita, hingga jejaring sosial dunia maya, sebulan terakhir, ramai dibincangkan Gangnam Style. Tarian baru yang dipopulerkan oleh rapper asal Korea Selatan, Psy, itu kini menjadi semacam kata kunci bagi pecinta tarian dan hiburan.

Sebenarnya apa itu Gangnam Style? Gangnam adalah sebuah kawasan di Seoul, Korea Selatan. Daerah ini terkenal dengan anak muda yang gemar berpesta. Psy, pria 34 tahun itu, kemudian menceritakan kehidupan di Gangnam dalam lagu terbarunya dengan cara jenaka dan tarian yang unik.

Video musik Gangnam Style mengisahkan bagaimana sosok Psy, gadis-gadis yang dia inginkan untuk berkencan di Gangnam, dan menggambarkan karikatur budaya pamer orang-orang yang nongkrong di Gangnam.

Dalam video tersebut, Psy a.k.a Park Jae Sung beberapa kali mengucapkan "Oppa Gangnam Style". Oppa adalah kakak laki-laki atau bisa juga untuk sebutan pacar. Lirik "Oppa Gangnam Style" bisa diartikan bahwa Psy ini adalah orang yang mempunya gaya ala Gangnam.

Lalu apa itu tarian berkuda yang ditampilkan Psy? "Jadi itu adalah tarian di mana ada kuda yang tak kelihatan dan kau coba menungganginya," papar dia. Tarian berkuda ala Psy adalah kombinasi shuffle dance dengan gaya menunggang kuda. Psy menyatakan pertama kali menunjukkan tarian ini pada sebuah acara adu bakat, Agustus 2011.

Gangnam Style adalah single pertama Psy dalam album keenam. Lagu ini pertama diluncurkan pada 15 Juli 2012. Ketika peluncuran album, secara bersamaan, videonya pun muncul di kanal YouTube yang kemudian membuat pria Korea ini mendunia.

Hanya butuh satu pekan bagi Psy, untuk menjadikan videonya terpopuler di YouTube, sejak pekan ketiga Juli 2012. Kini Gangnam Style di YouTube telah dilihat hingga 143 juta kali.

No comments:

Post a Comment