Monday, December 24, 2012

Imut !! Ikan Barreleye, Si Kepala Transparan


Ikan Barreleye atau biasa juga disebut ikan spook berkepala transparan mirip kokpit pesawat tempur, jenis ikan “Barreleye” (spook) sangat sensitif dan dia hidup di lautan Pasifik. Para peneliti kelautan di California, Amerika Serikat, menemukan ikan dengan kepala transparan. Ikan itu biasanya hidup di laut yang dalam dan gelap. Otak ikan bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang melalui bagian kepalanya yang tembus pandang.


Ikan ini ditemukan tanpa sengaja. Ikan bernama Pacific Barrelye Fish atau dalam bahasa latinnya disebut Macropinna Microstoma. Kegiatan ikan direkam melalui video kamera oleh para peneliti dengan menggunakan alat pengendali jarak jauh di Monteey Bay Aquarium Research Institute.

Keberadaan ikan berukuran 15 cenitemeter itu telah diketahui sejak 1939. Ikan dengan bagian kepala mirip kokpit pesawat terbang itu sangat sensitif pada bagian-bagian tertentu, untuk melacak dengan akurat terhadap rangsangan yang diterimanya, baik berupa musuh, makanan dan juga keadaan disekitarnya. Lihat videonya disini

No comments:

Post a Comment