Monday, December 24, 2012

Thorik Menamakan Kelompoknya Al-Qaeda Indonesi

Unikei - Terduga teroris Muhammad Thorik (32) dan kawan-kawan ternyata menamakan kelompoknya Al-Qaeda Indonesi. Belakangan diketahui, pemimpin kelompok tersebut adalah Badri Hartono atau Toni yang ditangkap di Solo, Sabtu (22/9/2012).

"Kelompok ini berdasarkan info yang kita terima, diklopkan dengan di Jakarta, mereka menyebutnya Al-Qaeda Indonesi, yang kita ketahui pimpinannya adalah Badri alias Toni," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2012).

Nama tersebut terungkap setelah Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri (Densus 88 Antiteror Polri) menangkap Badri dan sembilan terduga teroris lainnya di tempat terpisah.

Badri dan kawan-kawannya, yakni RK (45), YP (60), FN (18), BN (24), K (43), IV (35), dan N (46), ditangkap di Solo.

Kemudian, di Kalimantan Barat, Densus 88 meringkus Anggri Pamungkas (18) di perbatasan Desa Cobra dengan Desa Bloyang, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Sabtu (22/9/2012). Anggri terkait jaringan Thorik yang diduga ikut merakit bom.

Esoknya, Minggu (23/9/2012), Densus 88 menangkap Joko Tri Priyanto (45) atau Joko Parkit di rumah kerabatnya, Mondokan, Kecamatan Laweyan, Solo.

Joko Parkit dikenal sebagai pemimpin Kelompok Laweyan, basis pendukung Noordin M Top di wilayah Solo. Joko bebas 2007, setelah sebelumnya dihukum tiga tahun penjara karena menyembunyikan Noordin M Top seusai peledakan bom di Kedutaan Besar Australia.

Sebelumnya, kelompok ini terungkap saat terjadi ledakan bom rakitan di sebuah rumah Jalan Nusantara, RT 04 RW 13, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2012).

Rumah kontrakan tersebut diketahui menjadi tempat penyimpanan bahan peledak. Terduga teroris ikut jadi korban pada ledakan tersebut, yakni Wahyu Ristanto alias Anwar yang akhirnya meninggal dunia di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/9/2012), akibat luka bakar serius di bagian wajah dan lehernya.

Selanjutnya, dua terduga teroris menyerahkan diri. Keduanya adalah Thorik yang menyerahkan diri ke Pos Polisi Jembatan Lima, Jakarta Barat, Minggu (9/9/2012) sore; dan Yusuf Rizaldi (42) alias Abu Toto ke Polsek Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara, Rabu (12/9/2012) sekitar pukul 13.30.

Densus 88 juga menggeledah rumah kontrakan Yusuf di Bojong Gede, Bogor, Senin, (10/9/2012). Di sana polisi menemukan bahan peledak yang serupa dengan bahan-bahan yang ditemukan di Tambora dan Depok. Tempat tersebut juga diketahui merupakan markas kelompok Thorik, untuk menyimpan dan merakit bom.

Di Bojong Gede, polisi memboyong Arif. Setelah itu, dua terduga teroris ditangkap di Jalan Jombang Raya Sektor IX Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/9/2012) siang. Keduanya adalah A alias J (33) dan A alias S.

Seusai penangkapan, polisi menggeledah rumah di Tambun, Bekasi, dan memboyong A. Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar menjelaskan saat ini kepolisian masih mengejar empat lainnya yang ikut dalam kelompok Al- Qaeda Indonesi.

"Kita masih mencari sekitar empat yang ditelusuri berkait aktivitas mereka," terangnya.

( Sumber: Kompas Dot Com )

No comments:

Post a Comment