Saturday, December 1, 2012

Penting !! Jangan Atasi Luka Bakar Dengan Pasta Gigi, Bahaya!

Unikei - Saat ini kalian sedang membaca artikel Penting !! Jangan Atasi Luka Bakar Dengan Pasta Gigi, Bahaya!. Dsini Admin juga akan berbagi artikel lain seperti tentang Foto Foto Artis Terbaru,Foto Penampakan Hantu, Berita Dalam Negeri Dan Luar Negeri Terbaru Hari Ini, Gosip Artis Terbaru Hari Ini, Kisah-Kisah Religi, Sejarah , Misteri-Misteri Yang Ada Di Dunia,Kisah Berita Atau Artikel Tentang Unik Dan Aneh Yang Ada Di Dunia Tentang Alien,UFO Dan Alam Semesta, Berita Sepak Bola Hari Ini dll dan selamat membaca artikel Penting !! Jangan Atasi Luka Bakar Dengan Pasta Gigi, Bahaya!



Ada yang pernah bilang, saat mengalami luka bakar, segera olesi dengan pasta gigi. Tapi tunggu dulu, info tersebut ternyata tidak selamanya benar lho.

Mengoleskan pasta gigi pada luka bakar ringan untuk pertolongan pertama adalah tindakan salah. Hal tersebut ternyata justru dapat semakin memperburuk kondisi luka, demikian disampaikan Dokter ahli bedah plastik dari RSCM-FKUI dr. Aditya Wardhana, Sp.BP.

Pada beberapa kasus, luka tersebut malah terasa perih, panas dan bahkan dapat meninggalkan bekas kehitaman.

Selain pasta gigi, pemberian mentega dan es batu pada luka bakar ringan juga tidak tepat. "Ini karena bahan kimia yang terkandung di dalam produk-produk tersebut tidak bisa diterima oleh kulit yang terluka," kata Aditya saat jumpa pers di auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, pemberian es batu justru membuat pembuluh darah berkerut karena perubahan suhu yang ekstrim sehingga memperburuk kondisi luka.

Untuk pertolongan pertama, Aditya menganjurkan agar luka bakar segera didinginkan dengan cara mengalirkan air bersuhu sekitar 15 derajat pada luka bakar selama 20 menit.

"Ini berfungsi untuk mengurangi nyeri atau edema," tutupnya.

No comments:

Post a Comment