Tuesday, December 4, 2012

G30S/PKI, Fakta Bahwa Soeharto "Menyetir" Bung Karno

Unikei - Saat ini kalian sedang membaca artikel  G30S/PKI, Fakta Bahwa Soeharto "Menyetir" Bung Karno  . Dsinini Admin juga akan berbagi artikel lain seperti tentang Foto Foto Artis Terbaru, Berita Dalam Negeri Dan Luar Negeri Terbaru Har Ini, Gosip Artis Terbaru Hari Ini, Kisah-Kisah Religi, Sejarah , Misteri-Misteri Yang Ada Di Dunia,Kisah Berita Atau Artikel Tentang Unik Dan Aneh Yang Ada Di Dunia , Berita Sepak Bola Hari Ini dll. Jangan Lupa Follow @unikei dan selamat membaca artikel G30S/PKI, Fakta Bahwa Soeharto "Menyetir" Bung Karno 



Ketika Jakarta bergejolak akan Gerakan 30 September 1965, Presiden Soekarno dilarikan ke Halim Perdanakusuma. Ia dijauhkan dari Istana Negara yang kala itu sudah dikepung tentara. Tapi keberadaan Bung Karno di landasan udara militer itu tidak lama. Tak lebih dari 12 jam.

Pada 1 Oktober 1965 malam, Soekarno didesak meninggalkan Halim. Si pendesak adalah ajudannya, Bambang Wijanarko. Tapi tuntutan itu sendiri bukan inisiatif Bambang. Melainkan bisikan dari Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal Soeharto.

Melalui Dr Johannes Leimena, Bambang menyatakan Bung Karno harus segera pergi dari Halim. Alasan Bambang, malam itu atau esok pagi, Halim pasti diserbu.

Waperdam II, Dr. Johannes Leimena

“Saya perintahkan kendaraan disiapkan. Sekitar pukul 23.00, saya, pengawal pribadi Bung Karno, Pak Leimena, dan Presiden Soekarno naik ke mobil,” kata Bambang dalam artikel majalah Tempo edisi 6 Oktober 1984, berjudul "Kisah-kisah Oktober 1965".

Waktu itu, ada juga Kepala Staf TNI Angkatan Udara Omar Dhani. Tapi dia tidak tahu rencana Bambang. Omar mengira Soekarno bakal menuju landasan terbang. Karena mobil Bung Karno penuh, Omar pun menumpang kendaraan lain.

Tapi, sesampai di simpang tiga, Bambang menyuruh sopir agar tetap lurus. Padahal lapangan terbang ada di kanan jalan. “Waktu Bapak (Bung Karno) bertanya, ‘Mbang, kita mau ke mana?’, saya diam saja. Dia tanya sampai tiga kali,” ujar Bambang.

Ajudan Bung Karno itu baru menjawab pertanyaan Presiden kala Leimena menepuk pundaknya dari belakang. Akhirnya, Bambang jelaskan bahwa mereka menuju Istana Bogor. Mendapat jawaban itu, Bung Karno kembali bertanya. Apa alasannya? Dan Bambang memberikan tiga sebab: menurut perhitungan taktis, Halim tak lama lagi pasti akan diserang; tidak meninggalkan Halim menggunakan pesawat terbang sebab si pilot bisa menyasarkan tujuan; dan lokasi tujuan jangan terlalu jauh dari Jakarta agar masih bisa memantau Ibu Kota.

“Saya tidak katakan bahwa Pak Harto yang memerintahkan saya untuk segera mengusahakan Bung Karno pergi dari Halim,” ujar Bambang.

Bung Karno tidak menyadari bahwa ia sebenarnya dikendalikan Soeharto

Pukul 24.00 lewat sedikit, kendaraan Bung Karno memasuki gerbang utara Istana Bogor. Kata Bambang, semua mulai bisa bernapas lega. Ketika Bung Karno telah duduk di dalam Istana, Bambang berkata bahwa tugas dia mengamankan Presiden sudah usai. Langkah selanjutnya, terserah Bung Karno.

Bambang Widjanarko, ajudan Presiden Soekarno

Lalu Bambang pergi ke kantornya di sebelah Istana Bogor. Ia langsung menelepon Soeharto, "Pak, mission is accomplished. Bapak sudah meninggalkan Halim dan sekarang ada di Istana Bogor,” ujar Bambang.

(Sumber: Tempo)

No comments:

Post a Comment